h1

Adolf Hittler Sang Ditaktor

Juni 19, 2009

Sekilas

Adolf Hitler (20 April 1889 – 30 April 1945) adalah Kanselir Jerman dari tahun 1933 dan Der Führer (Sang Pemimpin) (Reich ketiga) Jerman sejak 1934 hingga ia meninggal. Pada 2 Agustus 1934, ia menjadi diktator Jerman setelah Presiden Von Hindenburg meninggal. Ia menyatukan jabatan kanselir dan presiden menjadi Führer sekaligus menjadikan Nazi sebagai partai tunggal di Jerman. Ia juga seorang Ketua Partai Nasionalis-Sosialis (National Socialist German Workers Party atau Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei/NSDAP) yang dikenal dengan Nazi. Nazi secara resmi dibubarkan setelah Jerman kalah dalam Perang Dunia II yang besar karena sistem kediktatoran Hittler. Hittler seorang orator yang berkharisma, Hitler merupakan salah satu pemimpin yang paling berpengaruh di dunia.

Ketika Perang Dunia II akan berakhir, Hitler bunuh diri di bunker bawah tanah-nya di Berlin bersama istrinya yang dinikahinya belum lama di dalam bunker, Eva Braun.

Awal Kisah
Adolf Hitler dilahirkan di Braunau am Inn, Austria, dekat Jerman pada 20 April 1889. Ayah Adolf Hitler, Alois Hitler, merupakan seorang pegawai kantor bea cukai . Setelah ayahnya pensiun, keluarga Hitler pindah ke kota Lambach (awal dari kehidupan yg terus berpindah-pindah di masa pensiun ayahnya).Ibunya merupakan keturunan yahudi. Di Kota tersebut terdapat sebuah biara Katolik yang dihiasi ukiran kayu dan batu yang diantaranya terdapat beberapa ukiran swastika, yang kemudian menjadi tempat Adolf muda belajar. Adolf Hitler dapat menyesuaikan dengan baik di sekolah biara tersebut, bahkan konon ia memiliki suara yang lumayan bagus. Sebagai Adolf muda, ia juga memiliki idola, yaitu biarawan yang melayani di sekolah biaranya, bahkan ia pernah serius selama 2 tahun bercita-cita ingin menjadi biarawan. Ketika beranjak dewasa, cita-citanya berubah ingin menjadi seorang seniman. bahkan ia mencoba untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi seni di Wina, Austria namun gagal, dan bahkan ia pernah menjadi seorang tunawisma di kota ini.

Ketika Perang Dunia I meletus, Hitler turut serta pada usia 25 tahun sebagai pengantar pesan dalam pasukan Infantri Resimen Bavaria ke-16, dan ia merupakan salah satu orang yang paling beruntung di medan pertempuran. Pernah suatu kali resimennya bertemu pasukan Inggris dan Belgia di dekat Ieper (bahasa Perancis: Ypres), resimennya kehilangan 2.500 dari 3.000 orang, tewas, luka-luka atau hilang dan Adolf Hitler lolos tanpa luka sedikitpun dan beberapa kali ia berdiri di satu tempat dan kemudian berpindah ke tempat lain yang beberapa detik kemudian tempat dia sebelumnya berdiri kejatuhan bom. Luka pertamanya didapatnya pada tanggal 7 Oktober 1916 tepat 2 tahun setelah ia terjun kedalam perang, akibat pecahan mortir di perang di Kota Somme. Ketika gencatan senjata ditanda tangani pada tanggal 11 November 1918, Hitler sedang dirawat di rumah sakit akibat terkena serangan gas klorin dari inggris yang mengakibatkan buta sementara. Ketika itu Hitler menjabat sebagai kopral.

Hitler kemudian berkecimpung secara langsung dalam politik dan menjadi pengurus Partai Buruh Jerman (bahasa Jerman: Deutsche Arbeiterpartei/DAP) pada bulan Juli 1921. Hitler menggunakan kebolehan berpidatonya untuk menjadi ketua partai. Dia kemudian menukar nama DAP menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) atau partai Nazi.

Nazi
Pada tahun 1929 NSDAP menjadi pemenang mayoritas dalam pemilihan umum di kota Coburg, dan kemudian memenangi pemilu daerah Thüringen. Presiden Jerman masa itu, Paul von Hindenburg akhirnya melantik Hitler sebagai Kanselir. Nazi Memiliki Cara Hotmat Yang Khas.

Pada masa pemerintahannya sebelum Perang Dunia II. Hitler memerintah dengan menetapkan pemerataan ekonomi, meningkatkan lapangan pekerjaan dan sarana sarana umum serta proyek-proyek umum. Salah satu sumbangannya dalam dunia otomotif adalah usulannya untuk membuat kenderaan murah yang dijangkau oleh rakyat Jerman yang akhirnya diwujudkan dalam bentuk mobil Volkswagen (VW).

Masa Pemerintahan

Pada Juni 1934, di malam yang dikenali sebagai Malam Pisau Panjang (bahasa Jerman: Nacht der langen Messer) Hittler membunuh semua penentangnya dalam partai Nazi yakni Roehm dan para pemimpin SA (Sturm Abteilungen). Hittler juga menyalahkan komunisme dan Yahudi atas situasi ekonomi yang buruk dan berhasil meraih dukungan militer dengan melaksanakan politik pembangunan peralatan militer Jerman. Hitler menyalahkan, menyerang, dan membunuh orang komunis dan Yahudi karena Hitler memiliki dendam pada orang – orang komunis dan Yahudi. Dendam yang masa hidupnya.


Masa Emas

Jerman Nazi atau Reich Ketiga merujuk terutama pada masa dari tahun 1933 sampai 1945, ketika Adolf Hitler memimpin negara Jerman sebagai diktator dan menyebarkan ideologi nasional-sosialisme (Nationalsozialismus). Reich adalah kata Jerman untuk “kerajaan”. Disebut kerajaan ketiga karena kerajaan pertama adalah Kekaisaran Romawi Suci, sedangkan kerajaan kedua adalah Kekaisaran Jerman.

Dalam periode ini Jerman tumbuh dari negara yang kalah Perang Dunia I hingga menjadi salah satu kekuatan militer terbesar di dunia. Pada saat yang bersamaan juga berlaku politik rasis yang meninggikan bangsa Arya dan merendahkan ras-ras lain.

Terutama bangsa Yahudi didiskriminasi dan dikumpulkan untuk dibunuh di kamp konsentrasi. Selain orang Yahudi kaum Nazi juga mendiskriminasi dan membantai bangsa Gipsi (Roma dan Sinti) serta bangsa Slavia. Jerman Nazi berakhir ketika mereka kalah Perang Dunia II melawan Uni Soviet dan kekuatan Sekutu yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Sebagai hasil dari kekalahan ini negara Jerman lantas dibagi menjadi Republik Federasi Jerman di barat dan Republik Demokratis Jerman di timur serta wilayahnya di timur sungai Oder dan Neisse diberikan kepada Polandia dan Uni Soviet.


Akhir Pemerintahan :icon53:

Pada September 1939, Hitler menyerang Polandia dengan serangan taktik blitzkrieg (serangan darat, udara secara kilat) mencapai kejayaan yang mengejutkan musuh dan jenderalnya sendiri. Serangan terhadap Polandia menyebabkan musuh-musuhnya Inggris dan Perancis menyatakan perang terhadap Jerman, dengan itu dimulailah Perang Dunia II.

Pada masa Perang Dunia II, pihak Inggris dipimpin oleh Sir Winston Churchill yang menggantikan Arthur Neville Chamberlain yang jatuh akibat skandal serbuan Nazi ke Polandia 1939, Perancis yang dipimpin oleh Jendral Gamelin yang saat itu ditunjuk sebagai komando tertinggi sekutu gagal menahan serangan kilat Jerman ke Belgia dan Perancis, Perancis akhirnya dipimpin oleh Jenderal Charles de Gaulle yang memimpin pasukan perlawanan Perancis pada masa Pemerintahan Vichy, serta bantuan Amerika Serikat yang dipimpin Jendral Eisenhower sebagai panglima mandala di Eropa meskipun sebelumnya Amerika Serikat enggan terlibat pada perang yang sebelumnya dianggap sebagai perang Eropa itu.

Setelah lama berperang dan setelah mengalami kekalahan di setiap medan pertempuran, Hitler menyadari bahwa kekalahan sudah tidak dapat dielakkan. Awal kekalahan Hitler adalah saat menggempur Kota Kursk Uni Soviet dengan Operasi Citadel, kekuatan Jerman terdiri dari 800.000 infanteri, 2.700 tank lapis baja, 2.000 pesawat tempur dan dipimpin oleh Jenderal Erich Von Manstein dan Jenderal Walther Models sedangkan kekuatan Uni Soviet terdiri dari 1.300.000 infanteri, 3.600 tank, dan 2.400 pesawat tempur. Rencana serangan ini telah diketahui secara detail oleh intelejen Uni Soviet yang berada di Switzerland. Stalin pun langsung memerintahkan tentaranya untuk membangun pertahanan kuat di kawasan Kursk. Di pertempuran inilah banyak sekali tank – tank andalan Jerman dan Uni Soviet hancur, diantaranya Tank Tiger, Panther, Elefant (Jerman) dan Tank T-34, SU -152, dan KV -1. Jerman pun kalah dan mengalami pukulan mematikan di Stalingrad serta Serangan pukulan sekutu di Normandia. Hingga akhirnya kejatuhan Berlin setelah Pertempuran Berlin dengan front gabungan Soviet.
Hitler yang menyadari kejatuhannya sudah dekat kemudian mengawini wanita simpanannya Eva Braun, kemudian bunuh diri bersama-sama pada 30 April 1945. Jasadnya dibakar agar tidak jatuh ke tangan musuh.

Der Führer

Adolf Kecil
Adolf Hitler lahir tanggal 20 April 1889. Tidak lama setelah kelahiran Hitler, keluarganya pindah ke Linz, Austria. Ayahnya, Alois Schickelgruber adalah seorang pekerja kantor milik pemerintah dan mengharapkan anaknya nantinya mengikuti pekerjaannya. Ia berkeinginan Hitler kecil suatu saat dia bisa duduk seharian di belakang meja dan mengerjakan pekerjaan kantor. Ibunya, Klara Hitlerlain sangat berharap Adolf mengikuti mimpinya untuk menjadi seorang seniman. Adolf sepertinya lebih memilih menuruti keinginan Ibunya untuk menjadi seniman.

Adolf sering pergi ke pingiran kota dan melukis apa saja yang dia lihat. Adolf terlihat sangat berbakat dalam seni, walaupun ayahnya sangat menghalangi Adolf untuk memilih seni sebagai karir. Disamping memiliki bakat besar sebagai seniman, Adolf juga dikenal sebagai pelajar yang sangat cerdas. Dia mendapatkan nilai yang memuaskan hanya dengan sedikit belajar. Atas keputusan Ayahnya, pada usia 11 tahun Adolf diterima di sekolah seni bernama Realschule. Setelah beberapa tahun Adolf mulai bosan dan lebih banyak belajar sejarah dan geography. Akhirnya pada usia 16 tahun Adolf dikeluarkan (drop-out) dari Realschule.

Yatim Piatu
Dua tahun setelah Adolf Hitler meninggalkan sekolah, Ayahnya meninggal mendadak karena suatu penyakit. Setelah itu Adolf merasa dapat memilih jalan hidup yang dia sukai. Tentu saja Adolf memilih seni. Ibunya menyetujui Adolf pergi ke Vienna dimana dia dapat benar-benar belajar seni pada Akademi Seni di kota Vienna. Namun akhirnya dia gagal masuk Vienna Akademi . Hal ini menyebabkan Hilter sangat frustasi dan merasa harapannya hancur lebur.

Ditambah lagi datang kabar bahwa Ibunya sakit keras. Hilter kembali ke Austria dan menemani Ibunya untuk saat-saat terakhir. Klara Hitler meninggal dunia pada 21 Desember 1907. Adolf Hitler menjadi anak yatim piatu pada usia 18 tahun.

Mulai Bangkit
Hitler tidak memiliki pekerjaan, rumah, ataupun keluarga. Hanya ada sedikit uang peninggalan ayahnya. Ini adalah tahun-tahun gelap buat Hitler, dia menjadi anak jalanan dan tidur di sembarang tempat. Hitler sangat menderita saat itu. Uang yang dia dapat dari bekerja kasar tidak cukup untuk makan, malah lebih banyak digunakan untuk membeli tiket opera.

Dalam keadaan susah, dia tetap mencintai seni. Sambil menjadi gelandangan Hitler masih sempat belajar berpidato dan kemampuan berdebat. Entah kenapa Hilter mulai tertarik pada dunia politik. Setelah 4 tahun hidup di jalan, Hilter masuk sukarelawan bersenjata “Bavarian Army”. Dia ternyata bisa menikmati militer seperti halnya seni. Latihan yang keras menyebabkan Hilter harus bolak-balik masuk rumah sakit, mengalami kebutaan sementara dan hampir meninggal. Namun Hilter dapat bertahan dan semakin mantap dalam karir militer.

Memimpin Jerman
Tidak lama berselang, Hilter benar-benar terjun ke dunia politik. Popularitas Hilter menanjak dengan cepat, dan ikut dalam pemilihan Presiden pada tahun 1932. Namun hanya mendapat kedudukan penasehat presiden. Presiden terpilih, Paul von Hindenburg meninggal 2 tahun kemudian. Hitler pun lansung dipilih menggantikannya.

Ketika ekonomi Jerman mulai baik, Hitler memulai cara pemerintahan diktator. Sebagai seorang diktator, Hitler sangat hebat, dia dapat meyakinkan siapa saja akan kebenaran pendapatnya karena kemampuan yang luar biasa dalam berbicara dihadapan massa.
Hitler dapat berpidato dan berdebat tentang berbagai hal di podium selama berjam-jam. Ini adalah salah satu alasan kenapa Hitler dapat menjadi pemimpin besar. Siapa saja bisa merasakan semangat kemenangan setelah mendengarkan Hitler bicara.

Selama perang dunia ke-II, Hitler memiliki rencana besar dan gila untuk menguasai dunia serta memusnahkan bangsa Non-Aryan. Dia menginginkan ras bangsa Aryan (berambut merah, bermata biru / Jerman) menjadi bangsa superior, sehingga bangsa lain harus dimusnahkan untuk membersihkan dunia.

Namun rencana gila tersebut tidak direstui Tuhan dan akhirnya membawa frustasi perang yang berat bagi Hitler. Hitler akhirnya memutuskan untuk bunuh diri pada 30 Arpil 1945. Suatu akhir kehidupan yang mengenaskan bagi seorang yang besar dan terkenal.

Adolf Hitler
Political Leader / World War II Figure
Adolf Hitler’s 12 years as ruler of Germany, which led to the deaths of millions in World War II, have made him one of history’s most hated villains. A decorated veteran of World War I, Hitler joined the German Workers’ Party in 1919, later renaming it the National Socialist German Workers Party (which was shortened to the Nazi Party). By 1921 he was the leader of the group, and in 1923 led an unsuccessful attempt to overthrow the ruling German Weimar Republic. Hitler was sent to prison, where he wrote his manifesto, Mein Kampf (My Struggle), and he emerged from jail less than a year later as a populist spokesman for poor and nationalistic Germans. Made chancellor in 1933, he suspended the constitution, forcibly suppressed all political opposition and brought the Nazis to power. He enforced his new rules with a brutal secret police (the Gestapo) and formed concentration camps for the organized murder of Jews, Gypsies and political opponents. Hitler’s bullying, aggressive foreign policy led to the start of World War II in 1939. Although he had remarkable early success in the war, by 1942 the tide had turned, and by 1945 Allied troops had crossed into Germany and were headed for Berlin. Hitler apparently committed suicide in his command bunker in Berlin in 1945, ending both Nazi rule and the war.

Extra credit: Hitler survived a 1944 assassination attempt led by Claus von Stauffenberg… One of Hitler’s concentration camp victims was Anne Frank… One day before his death, Hitler finally married his longtime girlfriend Eva Braun; she committed suicide with him by swallowing cyanide on 30 April 1945. Hitler apparently swallowed cyanide and then shot himself.

Hitler joins former U.S. president Ronald Reagan in our loop Almost Assassinated!

Other WWII leaders include: Britain’s Winston Churchill, America’s Franklin Roosevelt, Italy’s Benito Mussolini, the Soviet Union’s Joseph Stalin, Japan’s Hideki Tojo and France’s Charles de Gaulle.

Tambahan….

Adolf Hitler

Hitler, seorang diktator besar yang pernah di catat dalam sejarah dunia di samping Stallin, Mussolini, ataupun Genghis Khan di dataran cina. Ada sisi gelap dan ada pula pelajaran darinya, seorang diktator besar, der Fuhrer, Adolf Hitler.

Siapa Dia?

Adolf Hitler dilahirkan di Austria, 20. April 1889, dari keluarga biasa. Ayahnya, Alois Hitler, adalah seorang pegawai negri sipil biasa dan ibunya, Clara, adalah seorang ibu rumah tangga. Dalam pendidikan, Hitler, memasuki Sekolah Menengah Kejuruan di Steyr yang tak sampai ia tamatkan.

Pada tahun 1907, ia mengikuti pendidikan sebagai pelukis di sebuah Akademi Kesenian, seperti IKJ, namun lagi-lagi ia tidak berhasil menyelesaikannya yang menyebabkan ia tidak memiliki pekerjaan sehingga dirinya mendaftarkan diri sebagai pengangguran kepada negara.

Hitler tinggal di sebuah kota di mana ide rasialis anti yahudi bertebaran, sehingga membentuk pola pemikirannya menjadi seorang anti semit(yahudi).

Menuju Karir Politik

Perjalanan karirnya sebagai politikus di mulai dari tahun 1913, dimana ia mendaftarkan diri pada militer sebagai tentara pada Resimen Infanteri cadangan Bayern, hingga akhir november 1918 dimana ia menderita luka dan trauma karena serangan gas di Lazarret yang membuatnya dipulangkan dari dinas militer.

Sesampainya di Muenchen, kala itu situasi politik sedang bergolak karena perekonomian Jerman menurun. Atasannya menyuruh Hitler menjadi ” mata-mata ” dalam sebuah forum diskusi. Oleh atasannya, Hitler hanya di suruh menguping saja pembicaraan dalam diskusi tersebut tanpa menyampaikan sepatah kata pun. Namun, kala ia melaksanakan tugas tersebut, tak dapat menahan dirinya untuk menyampaikan pendapatnya mengenai apa yang dikatakan “Nasionalis”.

Awalnya, suara Hitler hanya sayup. Ia sedang belajar, belajar menyampaikan pemikirannya dan mempengaruhi pemikiran pendengarnya. Di pertemuan berikutnya, suaranya mulai lebih lantang, jelas dan memberi pengaruh besar kepada pendengar di forum tersebut. Kemampuan orasinya menakjubkan dan sangat mempengaruhi. Hitler tahu bagaimana cara berbicara yang mampu menyulut semangat. Dalam waktu singkat, namanya menjadi pembicaraan di tiap sudut kota.

Pendengarnya bertambah banyak. Dari rasa penasaran dan pergunjingan dari mulut ke mulut yang mengatakan adanya seorang “pelawak” di sebuah forum diskusi, Hitler mulai merekrut pengikutnya. Kalangan komunis mencoba menghentikan popularitas Hitler, pun para kuli tinta. Namun dari hari ke hari, dari minggu ke minggu, dari bulan ke bulan, namanya menjadi besar seiring semakin besarnya jumlah pengikut.

Dengan modal ini, Hitler mulai menapakkan kakinya di pentas politik Jerman. Melalui pengikutnya, ia mulai mendekati tokoh penting dalam percaturan politik Jerman kala itu, Jendral Erich Ludendorff. Ia berhasil mempengaruhi sang Jendral sehingga mau mendukungnya dalam pergerakan politik.

Pemerintah pusat mencium pergerakan Hitler dan segera berusaha memadamkannya. Bersama para pengikutnya, Hitler berbaris menghadapi para tentara bersenjata. Hitler dan kaki tangannya di tangkap, lalu di adili dalam pengadilan rakyat di Muenchen, 26. Februari 1924, sebagai pengkhianat negara. Para kuli tinta dan penentang pergerakan Hitler menduga ini adalah akhir perjalanan karir Hitler.

Ternyata tidak!. Hitler mempergunakan peradilan ini sebagai ladang penyampaian pemikiran Nasionalisnya sehingga menambah jumlah pengikutnya. Ia menyampaikan propaganda bahwa dirinya mengaku sebagai pengkhianat negara, tetapi ada yang lebih pengkhianat dari dirinya. Yaitu, pemerintah pusat yang tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat dan membiarkan martabat bangsa Jerman rendah di banding kaum Yahudi.

Propagandanya berhasil. Bahkan hakim pengadilan pun terpengaruhi sehingga hanya memberikan hukuman penjara beberapa bulan. Di dalam penjara, Hitler memperoleh pelayanan istimewa dari sipir penjara yang ternyata simpatik dengan pergerakannya. Ia di berikan ruangan seperti kantor lengkap dengan seorang sekretaris kepercayaannya. Di dalam penjara inilah ia menulis buku ” Mein Kampf “. Sebuah buku yang berisi pemikiran politiknya.

Dalam penyusunan buku tersebut, ia di bantu seorang penerbit buku terkenal di Muenchen. Hitler merevisi beberapa hal mengenai keluarganya agar mampu menaikkan popularitasnya. Semisal mengenai pekerjaan ayahnya sebagai pegawai negri sipil, ia selipkan kata ” terhormat” sehingga menjadi pegawai negri sipil terhormat. Ia pun memilih foto mana yang akan ia taruh di bukunya. Foto yang mengikuti gaya diktator Italia, Mussolini, ia pilih.

27 Februari 1925, ia mendirikan partai NSDAP, yang kemudian menjadi salah satu partai yang diperhitungkan dalam kancah politik Jerman kala itu. Tahun 1934, Hitler mulai berkuasa dan menjadi diktator. Yang ia lakukan pertama kali tentunya menyingkirkan lawan-lawan politiknya dan membungkam serta mengatur media massa. Para kuli tinta yang menentangnya lewat tulisan di surat kabar, di tangkap, lalu dalam sebuah kamp di bunuh satu per satu.

Demikianlah secuplik perjalanan karir politik Hitler, dari seniman gagal, menjadi politikus.

Semasa kecil Hitler adalah seorang anak yang
tertolak, ayahnya sangat membencinya dan menganggap perilakunya yang
“antisosial” itu adalah sebuah kutukan kerena Alois Hitler (Ayah Hitler)
mengawini keponakannya sendiri (Klara). Adi (nama kecil Adolf Hitler)
dilahirkan pada tanggal 20 April 1889 di sebuah kota kecil di Austria dekat
perbatasan Jerman. Ayahnya adalah seorang yang keras dalam mendidik anak
sedang ibunya sangat baik kepadanya. Klara adalah salah satu dari sedikit
orang yang benar-benar disayangi oleh Adolf. Klara sangat percaya bahwa
anaknya adalah seorang jenius, dan selalu menganggap anaknya normal,
walaupun sejak kecil sudah menunjukkan gejala destruktif dan antisosial.
Umur 18 tahun, Adolf sudah menjadi seorang yatim piatu setelah ibunya
meninggal dunia sedangkan ayahnya sudah meninggal terlebih dulu sebelumnya.
Masa kecil yang diliputi dengan kebencian dan abusement dari ayahnya ini
memberikan andil besar dalam mental dan kejiwaan Hitler dewasa.

btw hitler itu bukan komunis kale dia itu sosialis beda kale sosialis sama komunis

6 komentar

  1. I want to buy a second hand iphone (not the iphone 3g). How much should I expect to pay for it?

    ________________
    [url=http://unlockiphone22.com/]unlock iphone 3g 3.1[/url]


  2. Very nice site!


  3. Very nice site! cheap cialis http://opeyixa.com/qvoxaxa/4.html


  4. Very nice site! [url=http://opeyixa.com/qvoxaxa/2.html]cheap cialis[/url]


  5. I set up Yahoo mobile, and now, the emails for that account appear to be going only to my iPhone and my Webmail, but no copies are going to my Mail server on my Apple laptop. Can you help me fix the settings?

    ________________
    [url=http://www.youtube.com/watch?v=EpZmDnMZahc]unlock iphone 3g[/url]


  6. I want to send my mp3 files to my iphone and use them as ringtones, how can I do that? I have a jailbroken iphone, and I curently do not have a sim card so I cannot use sms or mms. I’d prefer a free program or method for windows. P.S. I do not need to download any music or ringtones, I already have what music I need.

    ________________
    [url=http://www.youtube.com/watch?v=3Fxu3GoTVFc]unlock iphone[/url]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kuliah Gratis.!!! Mau.???

    kuliah_gratis_layer-1-copy

  • RSS My Campus – Bogor EduCARE

  • Page Rank Saya

    Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
  • Lencanaku

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: