h1

Rusia Berikrar Cegah Georgia Perkuat Persenjataan Militer

Juli 23, 2009

Moskow (ANTARA/Reuters) – Rusia akan melakukan “tindakan-tindakan konkrit” untuk mencegah Georgia mempersenjatai dirinya kembali setelah perangnya dengan Moskow tahun lalu, kata kantor berita ITAR-TASS yang mengutip pernyataan Wakil Menlu Grigory Karasin, Kamis.

“Kami akan tetap mencegah rezim (Presiden Mikheil) Saakashvili mempersenjatai dirinya kembali dan melakukan tindakan-tindakan konkrit terhadap ini,” kata kantor berita itu yang mengutip pernyataan Karasin dalam satu wawancara.

Karasin memberikan komentarnya saat Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengunjungi Tbilisi untuk menunjukkan dukungan Washington bagi sekutu Kaukasus Selatan yang kacau itu menjelang ulang tahun pertama perang Rusia-Georgia Agustus.

Moskow sangat peka terhadap apa yang dianggapnya campur tangan AS di Georgia, khususnya saat ulang tahun perang itu mendekat.

Washington ingin menunjukkan bahwa usaha-usahanya dalam waktu belakangan ini untuk memperbaiki hubungan dengan Rusia tidak dilakukan dengan mengorbankan sekutu-sekutu pro Baratnya di bekas Uni Soviet.

Karasin mengatakan: “Kami sangat khawatir sehubungan kegiatan para pemimpin Georgia memiliterisasi kembali negaranya.”

“Seandainya negara-negara asing memasok senjata dan peralatan perang — dari Rusia atau dikembangkan Soviet, atau diproduksi Rusia atau Soviet — kami akan menganggap masalah itu dengan membatasi atau menghentikan pengembangan teknik militer atau pembangunan ekonomi militer dengan negara-negara ini,” kata Tass yang mengutip pernyataan Karasin.

Karasin tidak menyebut nama negara-negara itu tetapi Moskow sebelumnya menyatakan kemarahannya pada Ukraina karena menjual senjata-senjata kepada Georgia yang menurut Rusia digunakan terhadapnya dalam perang itu.

Pejabat Rusia itu juga mengarahkan tuduhan itu pada negara-negara yang ia katakan menerima bantuan militer dengan kedok program-program kemanusiaan.

“Dalam bulan-bulan belakangan ini, kami mengawasi usaha-usaha sejumlah negara yang bertindak dengan cara yang licik untuk menutupi kerjasama militer dengan pihak Georgia, yang termasuk disamarkan sebagai `bantuan kemanusiaan” untuk mengatasi konsekuensi-konsekuensi dari konflik itu,” kata Karasin.(mel)

One comment

  1. winsome answers i like it



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kuliah Gratis.!!! Mau.???

    kuliah_gratis_layer-1-copy

  • RSS My Campus – Bogor EduCARE

  • Page Rank Saya

    Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
  • Lencanaku

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: